Rei Rei Author
Title: CARA KERJA RESLETING ? (Zippers)
Author: Rei
Rating 5 of 5 Des:
Buat temen-temen yang suka kecepit di resleting celana waktu kecil, pelajarin ini biar ga kecepit lagi bro :D Pernah gak sih...
Buat temen-temen yang suka kecepit di resleting celana waktu kecil, pelajarin ini biar ga kecepit lagi bro :D




Pernah gak sih terbayang gimana cara kerja resleting ? Ternyata resleting sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari loh. Biasanya dipakai untuk Jaket,celana,tas, dll. Benda sekecil itu tapi manfaat nya luar biasa bro,jangan diremehin. Tetapi dibalik benda simple itu ternyata ada bagian bagian dengan namanya tersendiri. 

Resleting terdiri dari 2 bagian yaitu Hook dan Wedge

Resleting hanya dapat dibuat dengan mesin modern. Tetapi Resleting sebenarnya terdiri dari 2 alat yang sederhana dan tertua dalam peradaban manusia !

1. Wedge
adalah objek yang permukaannya miring. Fungsi kerjanya mirip dengan knop pintu. Hanya bisa bergerak satu arah, sedangkan arah lain terkunci. Sehingga Resleting membuat terkunci.

2. Hook
tentu saja bentuknya seperti lengkungan yang digunakan untuk mengait. Ini berfungsi untuk mengaitkan sisi Resleting dengan sisi lawannya. Alhasil Resleting tidak akan mudah lepas.

Ada lagi yang disebut Track/ Jalur Resleting
Jalur Resleting terdiri dari puluhan gigi. Setiap gigi memiliki kombinasi Hook dengan Hollow (Rongga yang terdapat dalam kaitan Resleting). Selain itu ada juga Slide yang membantu untuk mengunci atau melepas Resleting.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar ini :


kerjaresleting1.gif


Mekanisme kerja Resleting:
Jika slide bergerak naik. 2 sisi slide yang luar akan mendorong gigi kedalam, sehingga Hook akan tertekan maju dan membuat Wedge dan Hollow menyatu. Jika slide bergerak turun maka kebalikannya.

Gimana, Kamu udah tau kan sekarang ? Ayo berbagi ke temen yang lain !!

Sumber:Kaskus.co.id bukudanartikel.mywapblog.com

About Author

Advertisement

Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar


 
Top